Cara Sablon Kaos Distro

cara sablon kaos distroCara Sablon Kaos : Distro, singkatan dari distribution store atau distribution outlet, adalah jenis toko di Indonesia yang menjual pakaian dan aksesori yang dititipkan oleh pembuat pakaian, atau diproduksi sendiri. Distro umumnya merupakan industri kecil dan menengah (IKM) yang sandang dengan merk independen yang dikembangkan kalangan muda. Produk yang dihasilkan oleh distro diusahakan untuk tidak diproduksi secara massal, agar mempertahankan sifat eksklusif suatu produk dan hasil kerajinan.

Konsep distro berawal pada pertengahan 1990-an di Bandung. Saat itu band-band independen (Indie) di Bandung berusaha menjual merchandise mereka seperti CD / kaset, t-shirt, dan sticker selain di tempat mereka melakukan pertunjukan. Bentuk awal distro adalah usaha rumahan dan dibuat etalase dan rak untuk menjual t-shirt. Selain komunitas musik, akhirnya banyak komunitas lain seperti komunitas punk dan skateboard yang kemudian juga membuat toko-toko kecil untuk menjual pakaian dan aksesori mereka.

Kini, industri distro sudah berkembang, bahkan dianggap menghasilkan produk-produk yang memiliki kualitas ekspor. Pada tahun 2007 diperkirakan ada sekitar 700 unit usaha distro di Indonesia, dan 300 diantaranya ada di Bandung.

Cara kaos sablon, bahan, mesin, tinta dan lain-lain akan dibahas :

Kualitas Bahan Kaos Sablon

Kebanyakan dari kaos distro menggunakan bahan kaos cotton dry combed 20S dan 30S. Bahan ini banyak digunakan oleh kaos distro dan kualitas bahan ini cukup bagus, adem, dan nyaman dipakai.

Kualitas Print/Sablon untuk Kaos

Mesin printer yang dipakai menggunakan mesin printer digital to garment (print DtG), dengan teknologi dari Amerika, sehingga kualitasnya terjamin bagus. Mesin printer tersebut, printer A4 maupun printer A3 menggunakan 6 tinta (BUKAN 4 tinta). Dengan 6 tinta dan print 2x pada setiap kaos, hasil print DTG akan optimal. Print/sablon DTG ini memiliki 2 ukuran yakni: A4 dan A3

Kualitas print/sablon digital dengan tinta tekstil ini, menurut lebih bagus dari sablon manual maupun sablon transfer paper.

Hasil dari print/sablon djimsan clothing halus dan awet.

  • Hasil sablon tajam, merata dan memuaskan
  • Hasil cetak halus meresap pada kain
  • Hasil cetak awet meski dicuci berkali-kali, dan kaos dipakai berbulan-bulan.

Hal ini karena tinta sudah teruji awet/tidak luntur, dan bahan kaos khusus menggunakan bahan kaos untuk print kaos DTG (ada treatment khusus pada bahan).

Hal-hal yang perlu diperhatikan untuk Cara Sablon Kaos Distro :

  • Untuk print pada sablon kaos putih, hasil gambar akan optimal sesuai dengan warna aslinya.
  • Untuk print warna tinta hitam pada kaos putih dengan hasil optimal, agar pilihan gambar/tulisan 100% warna hitam (Kode 0 0 0 0)
  • Untuk print pada kaos warna (tanpa tinta putih), ada sedikit perbedaan warna asli dengan warna hasil print. Hal ini karena terjadi perpaduan langsung antara tinta print dengan warna kaos
  • Untuk print pada kaos warna (dengan tinta putih) dan kaos hitam, hasilnya optimal seperti gambar aslinya, karena sebelum diprint, kaos di print/dilapisi dengan tinta putih kemudian diprint sesuai warna aslinya.
  • Cara sablon kaos distro yang benar akan menghasilkan kaos sablon yang berkwalitas, awet, tidak pasaran .