Cara Sablon Kaos

cara sablon kaosKaos sablon belakangan ini memang banyak digemari. Selain karena desainnya yang unik dan tentunya juga bisa disesuaikan dengan minat si pemakai, harganya juga relatif terjangkau.

Dengan semakin besarnya minat pasar terhadap kaos sablon, kemudian menjamur pulalah para pebisnis kaos model seperti ini. Banyak yang berusaha mencari keuntungan dari bisnis sablon kaos ini, tidak hanya dalam skala besar, namun industri-industri rumahan pun ada. Bahkan secara individu, banyak orang yang juga mulai tertarik mempelajari cara sablon kaos dengan harapan bisa membuat dan mendesain sendiri kaos-kaos pribadinya sehingga membuatnya lebih berkarakter.

Untuk belajar cara sablon kaos ini sebenarnya tidak susah. Jika mau mencari, banyak sekali buku-buku panduan yang telah ada di pasaran.

Sebelum memulai belajar langkah-langkah cara sablon kaos, ada baiknya anda mengetahui terlebih dulu peralatan yang akan digunakan untuk proses pembuatannya.

1. Kain kasa yang terbuat dari nylon atau polyester yang biasanya difungsikan sebagai screen. Pilihlah screen ini dengan pori-pori kasar, biasanya bertipe T90, T77, T61, T54, atau T48. Kerapatan screen tergantung pada besarnya nilai. Jadi, semakin besar nilai screennya, maka semakin rapat pula. Pemilihan juga tergantung pada kebutuhan masing-masing.

2. Obat afdruk yang berupa emulsion atau cairan kental. Untuk penggunaannya dicampur dengan sentitizer yang biasanya sudah terdapat dalam satu paket pembeliannya.

3. Sapu dari karet sintetis yang biasa disebut dengan rekel. Alat yang ini sangat mudah ditemukan dengan harga hanya sekitar seribuan saja per cm.

4. Alat-alat untuk memoles obat afdruk. Bisa menggunakan kuas cat, coater, atau pun mika.

5. Kaca yang memiliki ketebalan 0.2 sampai 0.5 mm.

6. Tinta atau cat khusus untuk menyablon.

7. Bantalan yang bisa dibuat sendiri oleh anda.

8. Semprotan cair yang akan digunakan untuk mengembangkan gambar hasil dari proses afdruk.

Sebelum proses sablon kaos dilakukan, ada satu hal penting yang akan mempengaruhi bagus tidaknya hasil sablon anda, yaitu proses pengafdrukan. Proses ini merupakan salah satu yang terpenting daam rangka menghasilkan hasil cetak sablon yang bagus.

Walaupun banyak yang menganggap proses ini sepele, namun tak jarang banyak yang tidak berhasil melakukannya. Hal terpenting yang harus ada perhatikan di dalam salah satu cara sablon kaos ini adalah saat penyinarannya atau yang lebih keren dengan sebutan eksposing.